Soal Penjelasan 5 Komponen dalam Sistem Informasi Geografis

 5 Komponen dalam Sistem Informasi Geografis

Komponen Sistem Informasi Geografis GISGIS memiliki beberapa komponen, yaitu hardware, software dan user (Nichols 2012). Beberapa referensi lain (ESRI 1998) melengkapi komponen GIS dengan data dan metode sehingga jika dikombinasikan maka komponen GIS terdiri dari:

5 Komponen dalam Sistem Informasi Geografis 

Komponen GIS

Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki beberapa komponen, yaitu hardware, software dan user (Nichols 2012). Beberapa referensi lain (ESRI 1998) melengkapi komponen GIS dengan data dan metode sehingga jika dikombinasikan maka komponen GIS terdiri dari:

Hardware (Perangkat Keras)

Komponen Sistem Informasi Geografis berikutnya Hardware terdiri dari sistem komputer dan perangkat lain seperti printer, plotter, scanner, dan lain lain yang diperlukan untuk mengoperasikan GIS mulai dari input, proses dan output.


Software (Perangkat Lunak)

Ketiga Komponen Sistem Informasi Geografis yaitu Software menyediakan fungsi dan tools untuk menyimpan, menganalisa, dan menampilkan informasi geografis. Disamping software komersial seperti ArcGIS, MapInfo dan lainnya, saat ini juga sudah banyak dijumpai open source software yang diperoleh secara cuma-cuma alias gratis seperti GRASS, Quantum GIS, dan beberapa jenis software lainnya.

People (Orang)

Teknologi GIS akan mengalami kendala tanpa adanya sumberdaya manusia yang dapat mengelola sistem ini dan mengembangkan perencanaan untuk menggunakan GIS dalam mengatasi permasalahan yang sebenarnya. Komponen Sistem Informasi Geografis Tingkat pemakaian GIS terdiri dari beragam spesifikasi mulai dari user yang menggunakan GIS untuk membantu tugas sehari-hari sampai dengan programmer yang mendesain GIS untuk aplikasi tertentu.

Data

Sebagian orang beranggapan bahwa data merupakan komponen terpenting dalam GIS. Data geografis dan tabel/tabular bisa dikumpulkan, yang kemudian dikompilasi agar dapat digunakan untuk beberapa keperluan. Data juga dapat dibeli di penyedia data komersil. 
Penting dalam Komponen Sistem Informasi Geografis GIS data dapat mengintegrasikan data geografis dengan sumber data lain yang tersimpan dalam DBMS. Integrasi data spasial dan tabular dalam yang tersimpan dalam DBMS adalah salah satu kemampuan utama dalam GIS.

Method (Metode)

GIS bisa dioperasikan dengan baik bila ada rencana implementasi yang telah dirancang dengan baik beserta aturan mainnya. Seperti halnya dalam semua organisasi yang berhadapan dengan teknologi, peralatan baru hanya dapat digunakan secara efektif jika terintegrasi kedalam strategi bisnis dan operasional. Untuk melakukan hal ini dengan baik, tidak hanya diperlukan adanya hardware dan software saja, tetapi diperlukan pelatihan dan perekrutan personil untuk menggunakan teknologi tersebut dalam konteks organisasi. Kegagalan dalam implementasi GIS, biasanya kurangnya komitmen organisasi untuk menggunakan dan mengembangkan GIS. Itu dia penjelasan Komponen Sistem Informasi Geografis, semoga membantu.
Lebih baru Lebih lama